Terapi Gangguan Kejiwaan

Salah satu faktor penting bagi tercapainya kebahagian manusia adalah terwujudnya kehidupan yang sehat baik secara fisik maupun mental.

Kenyataannya manusia tidak selamanya memiliki kesehatan fisik dan mental secara utuh. Tidak jarang dijumpai, ada orang yang sehat fisiknya, tetapi sakit mentalnya atau sebaliknya. Baik sehat secara fisik maupun secara mental sama pentingnya bagi manusia.

Bahkan dalam sisi pandang tertentu, jika harus memilih, sakit secara fisik tetapi sehat secara mental jauh lebih baik daripada sehat secara fisik tetapi sakit secara mental.

Gangguan kejiwaan yang melanda seseorang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, tingkahlaku dan bahkan kesehatan fisiknya. Karena itu, tidak semua sakit dengan memperlihatkan gejala-gejala fisik, dilihat sebagai penyakit fisik semata, tetapi juga harus dilihat dari segi mental. Dengan begitu, perawatan dan pengobatannya pun juga harus secara fisik dan mental.

Dalam kaitan ini, ilmu kedokteran jiwa telah memperkenalkan perawatan dan pengobatan gangguan kejiwaaan melalui terapi holistik. Terapi holistik melibatkan empat aspek, yaitu organobiologik, psikologik, sosial dan agama.

Pemberian terapi psikoreligius bagi penderita gangguan kejiwaan berguna dan menolong proses penyembuhannya. Melalui terapi ini, penderita disadarkan untuk membangun kedekatan dengan Tuhan.

Perasaan dekat dengan Tuhan memberikan ketenangan dan ketentraman batin bagi penderita dalam menghadapi problem-problem hidupnya. Cara-cara untuk membangun kedekatan dengan Tuhan dapat ditempuh melalui ibadah-ibadah khusus, seperti sembahyang, doa-doa dan zikir.

1 Comment
  1. asu ndemo says:

    asulah ora iso di kopi

    Reply
Leave a Reply




XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>